kesan :
Kesan saya selama geladi di WITEL Telkom Kotabaru DIY adalah saya sangat senang bisa di berikan kesempatan untuk geladi di WITEL Telkom . kenapa? karena saya merasa nyaman dengan karyawan-karyawan yang ada di Telkom. Geladi ini memberikan banyak pengalaman dan pelajaran untuk saya. Dari geladi saya dapat mengenal dan menghayati ruang lingkup pekerjaan di lapangan, saya juga dapat mengadaptasikan diri dengan lingkungan. Geladi ini memberikan banyak manfaat yang saya rasakan baik untuk diri sendiri ataupun untuk lingkungan sekitar saya. Geladi ini memberikan banyak pengalaman dan kesan sehingga saya dapat menjadi mahasiswa yang lebih baik lagi.Terimakasih Telkom dan karyawan-karyawan Telkom serta teman-teman yang selalu mendukung saya selama proses geladi.
pesan :
Pesan saya selama geladi , saya berharap WITEL Telkom Kotabaru DIY dapat berkembang dan lebih baik lagi di dalam dunia industri terutama pada bidang Telekomunikasi. Semoga kedepannya WITEL Telkom Kotabaru dapat memberikan banyak kontribusi terhadap masyarakat yang bermanfaat dan berguna.
Berikut Lampiran Laporan Geladi :
LAPORAN AKHIR KEGIATAN GELADI
PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA
WITEL TELKOM YOGYAKARTA
UNIT CUSTOMER CARE YOGYAKARTA
Laporan ini disusun untuk memenuhi syarat mata kuliah Geladi Program Studi D3 Teknik Informatika Universitas Telkom
Disusun Oleh:
Febryan Hassan Siregar (6706140147)
D3 Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Terapan
Universitas Telkom
Bandung
2015
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM GELADI
Laporan ini ditujukan untuk memenuhi persyaratan telah menyelesaikan kegiatan Geladi selama 40 hari terhitung dari 1 Juni – 10 Juli 2014, bertempat di kota Yogyakarta:
Nama : Febryan Hassan Siregar
NIM : 6706140147
Jurusan : D3 Teknik Informatika
Fakultas : Ilmu Terapan
Tempat Geladi : Plasa Telkom Kotabaru, Yogyakarta ditempatkan di Customer Care
Disetujui dan disahkan oleh:
Yogyakarta, 9 Juli 2015
Pembimbing Lapangan Pembimbing Akademik
Sumarindah Kharisma Bani Adam
NIK : 631041 NIP : 14881505-2
KATA PENGANTAR
Puji Syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT karena rahmat dan karunia yang telah diberikan, sehingga kegiatan geladi ini hingga penyusunan laporan dapat berjalan dengan baik.
Laporan geladi ini disusun setelah penulis melaksanakan kegiatan geladi di PT. Telekomunikasi Indonesia WITELYogyakarta unit Customer Care selama enam minggu. Laporan ini disusun untuk memenuhi syarat mata kuliah Geladi Program Studi S1 Teknik Industri Universitas Telkom.
Penulis menyadari keterbatasan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki sehingga masih banyak kekurangan dalam laporan ini. Untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun. Penulis mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang telah mendukung dan membantu dalam proses pembuatan laporan ini. Dengan ini penulis berharap agar laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Yogyakarta, 9 Juli 2015
Penulis
Daftar Isi
Lembar Pengesahan…………………………………………………………………………………………ii
Kata Pengantar……………………………………………………………………………………………….iii
Daftar Isi……………………………………………………………………………………………………….iv
BAB 1 Abstrak 1
BAB 2 Pendahuluan. 2
2.1 Latar Belakang. 2
2.2 Profil Perusahaan. 3
2.3 Struktur Organisasi Perusahaan. 7
2.4 Rumusan Masalah. 8
2.5 Struktur Organisasi 8
2.6 Batasan Masalah. 9
2.7 Tujuan Pelaksanaan Geladi 9
2.8 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Geladi 9
BAB 3 Tinjauan Teori 10
BAB 4 Pelaksanaan Geladi 12
4.1 Rencana Kegiatan. 12
4.2 Pelaksanaan. 13
4.3 Hasil 18
BAB 5 Penutup. 19
5.1 Simpulan. 19
5.2 Saran. 19
BAB 1 Abstrak
Salah satu program kulikuler di universitas telkom adalah Geladi. Geladi dirancang untuk menciptakan pengalaman kerja singkat kepada mahasiswa mahasiswi untuk sepuluh program studi di Universitas Telkom. Geladi diikuti oleh mahasiswa yang telah menempuh perkulian selama dua semester untuk program diploma. Dengan melaksanakan geladi, mahasiswa diharapkan dapat mengenal dan mengerti ruang lingkup pekerjaaan dilapangan. Mahasiswa juga diharapkan mampu beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan dan dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat di perkuliahan.
Terdapat beberapa unit pekerjaan di PT Telkom Indonesia Tbk. Penulis ditempatkan di Telkom WITEL Yogyakarta di unit Customer Care dengan sub unit Plasa Telkom. Sub unit Plasa Telkom menangani pelanggan yang ingin menggunakan IndiHome dan juga melakukan upgrade Flexi ke Telkomsel. Pada kesempatan kali ini penulis ditempatkan di bagian backroom Plasa Telkom. Pada bagian ini penulis melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan data data pelanggan dan proses pemasangan IndiHome.
BAB 2 Pendahuluan
2.1 Latar Belakang
Setiap tahunnya kebutuhan manusia akan teknologi informasi mungkin meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan akan teknologi informasi maka banyak perusahaan yang melakukan inovasi. Oleh sebab itu dibutuhkan tenaga-tenaga ahli dibidang teknologi untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
Universitas Telkom merupakan salah satu perguruan tinggi yang bergerak dalam bidang pendidikan teknologi informasi yang siap untuk mencetak tenaga-tenaga ahli di bidang teknologi. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas mahasiswa di Universitas Telkom, maka mahasiswa diwajibkan mengikuti geladi sebagai salah satu program kulikuler. Geladi adalah program yang diharapkan mampu memberikan gambaran pekerjaaan dilapangan bagi mahasiswa dan juga dengan program ini diharapkan mampu mengimplementasikan ilmu yang didapatkan di perkuliahan. Dengan adanya geladi, mahasiswa diharapkan dapat mengenal ruang lingkup pekerjaan dilapangan, beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan, dan menerapkan ilmu yang sudah didapatkan diperkuliahan
2.2 Profil Perusahaan
Telkom merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan telekomunikasi dan jaringan di wilayah Indonesia dan karenanya tunduk pada hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia. Dengan statusnya sebagai Perusahaan milik negara yang sahamnya diperdagangkan di bursa saham, pemegang saham mayoritas Perusahaan adalah Pemerintah Republik Indonesia sedangkan sisanya dikuasai oleh publik. Saham Perusahaan diperdagangkan di BEI, NYSE, LSE dan Public Offering Without Listing (“POWL”) di Jepang. Riwayat singkat Telkom dari tahun ke tahun dapat dilihat pada bagian “Sejarah Panjang Menempa Kami”. Penulis melaksanakan gelada di Telkom witel Yogyakarta dengan alamat Jl. Yos Sudarso no. 9, Kotabaru, Yogyakarta.
Sejarah singkat Telkom
Cikal bakal Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi di Indonesia sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Hal ini ditandai dengan pengoperasian perdana layanan telegraph elektromagnetik dari Batavia (Jakarta) ke Buitenzorg (Bogor) pada tahun 1856.
Telkom yang waktu itu bernama Post Telegraaf en Telefoondients (Jawatan Pos, Telegraf dan Telepon) sangat berperan besar saat Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya. Telkom menjadi penentu tersebarnya deklarasi kemerdekaan Indonesia ke seluruh penjuru dunia melalui Stasiun Radio Pemancar PTT di Dayeuhkolot, Bandung, Jawa Barat.
Seiring perjalanan zaman dan perkembangan bangsa, Telkom selalu mengiringinya dengan kontribusi nyata dan manfaat yang besar bagi bangsa. Telkom telah membangun pondasi komunikasi dengan dibangunnya beberapa sentral telepon yang menjadi sarana komunikasi baik sambungan lokal, interlokal maupun internasional sampai diluncurkannya Satelit Komunikasi Palapa pada 9 Juli 1976 yang menempatkan Indonesia sebagai negara ketiga di dunia yang meluncurkan satelit setelah Amerika dan Kanada.
Terus tumbuh dan berkembang adalah salah satu identitas Telkom. Secara kelembagaan perusahaan ini selalu bertransformasi. Saat lahir, Telkom memiliki format sebagai sebuah institusi dengan nama PTT (Post Telegraaf en Telefoondients) di tahun 1906, lalu berubah menjadi PN Postel pada tahun1961.
Di tahun 1965, terjadi pemisahan PN Tel dari PN Pos. 9 tahun kemudian, tepatnya tahun 1974, PN Tel berubah menjadi Perumtel, kemudian sejak 1991 perusahaan ini berubah kembali menjadi PT. Telekomunikasi Indonesia. Dan sejak 1995, PT. Telekomunikasi Indonesia menjadi perusahaan publik (perusahaan terbuka) hingga saat ini.
Tak hanya dari segi kelembagaan, transformasi Telkom juga menyentuh aspek bisnis sesuai dengan perubahan lingkungan dan tuntutan industrinya. Bisnis Telkom yang semula hanya mengoperasikan telegraf, kemudian layanan telepon, Telkom beranjak ke bisnis FMM (Fixed Mobile & Multimedia) dan kini beroperasi di portofolio TIME (Telecommunication, Information, Media & Edutainment).
Telkom memiliki sejarah panjang dan mengakar di benak seluruh bangsa Indonesia. Sekalipun beberapa milestone penting telah dilalui Telkom, namun awal pelayanan jasa telekomunikasi berupa layanan telegraph elektromagnetik pertama di Indonesia menandakan dimulainya era baru bagi bangsa ini untuk melakukan komunikasi melalui sebuah teknologi modern saat itu. Pengoperasian perdana telegraph elektromagnetik yang menhubungkan Batavia (Jakarta) ke Buitenzorg (Bogor) pada 23 Oktober 1856 lah yang menjadi awal mula pelayanan jasa telekomunikasi di negeri ini. Oleh karena itu tanggal tersebut ditetapkan menjadi hari jadi Telkom.
Penentuan tanggal 23 Oktober sebagai hari jadi Telkom bukan tanpa alasan yang kuat dan mendasar. Tanggal kelahiran Telkom ditentukan setelah melakukan berbagai studi literature mendalam ke beberapa sumber autentik, diskusi dengan para sesepuh dan pendahulu, dan beberapa pembahasan dengan manajemen yang akhirnya pada Rapat Gabungan (Ragab) antara Direksi dan Komisaris Telkom tanggal 25 Pebruari 2009, maka manajemen memutuskan tanggal tersebut sebagai hari jadi Telkom.
Hari jadi Telkom diluncurkan dan diperingati untuk pertama kalinya pada 23 Oktober 2009 sebagai hari ulang tahun Telkom yang ke 153 bersamaan dengan peluncuran new Telkom. Dikatakan new Telkom karena kita memiliki business portfolio yang baru, corporate ID / brand baru, positioning baru dan tagline yang baru pula.
Kini Telkom menjadi satu-satunya operator TIME di Indonesia yang memiliki visi untuk menjadi pemain regional yang handal. Diharapkan dengan ini jati diri Telkom menjadi semakin jelas dan semakin menampakkan eksistensi serta karyanya bagi bangsa, negara dan kita semua.
Kegiatan Usaha
Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Perusahaan adalah menyelenggarakan jaringan dan layanan telekomunikasi, informatika serta optimalisasi sumber daya Perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, Perusahaan menjalankan kegiatan usaha yang meliputi:
Usaha Utama
- Merencanakan, membangun, menyediakan, mengembangkan, mengoperasikan, memasarkan atau menjual/menyewakan dan memelihara jaringan telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
- Merencanakan, mengembangkan, menyediakan, memasarkan atau menjual dan meningkatkan layanan jasa telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Usaha Penunjang
- Menyediakan layanan transaksi pembayaran dan pengiriman uang melalui jaringan telekomunikasi dan informatika.
- Menjalankan kegiatan dan usaha lain dalam rangka optimalisasi sumber daya yang dimiliki Perusahaan, antara lain pemanfaatan aset tetap dan aset bergerak, fasilitas sistem informasi, fasilitas pendidikan dan pelatihan dan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan.
Visi
Menjadi Perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan Services (“TIMES”) di kawasan regional.
Misi
- Menyediakan layanan TIMES yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
- Menjadi model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.
Visi dan Misi ditetapkan berdasarkan keputusan Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk No.09/KEP/DK/2012 pada tanggal 30 Mei 2012.
Corporate Culture : The New Telkom Way
Basic Belief : Always The Best
Core Values : Solid, Speed, Smart
Key Behaviors : Imagine, Focus, Action
SERTA INISIATIF STRATEGIS
- Pusat Keunggulan.
- Menyelaraskan struktur bisnis dan pengelolaan portofolio.
- Percepatan implementasi broadband melalui layanan konvergen.
- Pengelolaan portofolio nirkabel.
- Mengintegrasikan solusi ekosistem Telkom Group.
- Berinvestasi di layanan teknologi informasi.
- Berinvestasi di bisnis media dan edutainment.
- Berinvestasi di bisnis wholesale dan peluang bisnis internasional yang strategis.
- Memaksimalkan nilai aset di bisnis yang saling terkait.
- Mengintegrasikan Next Generation Network (“NGN”) dan Operational support system, Business support system, Customer support system and Enterprise relations management (“OBCE”) untuk mencapai penyempurnaan beban biaya.
2.3 Struktur Organisasi Perusahaan
2.4 Rumusan Masalah
Perumusan masalah yang akan dibahas dalam laporan ini adalah sebagai berikut:
- Apa saja kegiatan yang dilakukan pada saat pelaksanaan geladi?
- Bagaimana penerapan teori yang didapat pada saat kuliah dengan praktek lapangan selama geladi?
2.5 Struktur Organisasi
2.6 Batasan Masalah
Batasan masalh pada laporan ini adalah sebagai berikut:
- Lokasi geladi adalah PT. Telekomunikasi Indonesia WITEL Yogyakarta unit Customer Care Plasa Telkom Kotabaru DIY
- Pembahasan berkaitan dengan kegiatan geladi selama ditempatkan di PT. Telekomunikasi Indonesia WITEL Yogyakarta unit Customer Care Plasa Telkom Kotabaru DIY
2.7 Tujuan Pelaksanaan Geladi
Geladi Universitas Telkom dilaksanakan dengan tujuan :
- Memberikan pengalaman praktek kerja dibidang teknologi informasi.
- Meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pekerjaan dilapangan.
- Meningkatkan kemampuan teknis dan keterampilan dalam dunia kerja.
- Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang didapatkan di perkuliahan.
2.8 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Geladi
Waktu : 1 Juni – 10 Juli 2015
Tempat Pelaksanaan : PT. Telekomunikasi Indonesia WITEL Yogyakarta, Jl, Yos Sudarso No. 9, Kotabaru, Yogyakarta
BAB 3 Tinjauan Teori
- i-SISKA
i-SISKA adalah sebuah aplikasi internal telkom yang mengelola data pelanggan dengan sekuritas dan akurasi data yang tinggi, dengan demikian hal ini menjadi masalah mengingat operasional harian kerja untuk penanganan gangguan dan instalasi, administrasi pelanggan telah di serahkan ke pihak ke-3 (tiga) sebagai langkah efektifitas dan efisiensi operasional keuangan perusahaan. Sementara mereka yang berhak untuk mengakses data-data SISKA hanya dikhususkan untuk Karyawan Telkom. Aplikasi i-Siska juga digunakan untuk proses migrasi paket langganan pelanggan dari 1p atau 2p menjadi 3p.
- Starclick
Aplikasi Starclick merupakan sebuah front and interface yang ditambahkan terhadap business process modeling untuk memproses permintaan pasang baru dan back end information system yang mengelola basis data alat produksi. Cara kerja aplikasi dapat diterangkan sebagai berikut, calon pelanggan melalui frontliner cukup menunjukan titik kordinat lokasi yang akan dipasang layanan IndiHOME yang diinginkan. Selanjutnya berdasarkan permintaan ini akan diperiksa ketersediaan alat produksi menggunakan aplikasi Star Click. Jika permintaan calon pelanggan tersebut dapat dipenuhi, maka selanjutnya akan diteruskan ke petugas operasional untuk proses aktivasi. Jika lokasi calon pelanggan belum dapat dipenuhi tetapi berada dalam lintasan jalur gelaran fiber, maka petugas frontliner akan memasukan permintaan sebagai permintaan potensial (potential demand) untuk pemasangan end point baru pada jalur tersebut.
- T3 (Telkom Trouble Ticket)
T3-Online adalah sistem informasi untuk trouble ticket layanan PT Telkom tbk. Pada T3-Online ini dapat dilakukan manajemen informasi gangguan pada pelanggan, seperti penyimpanan informasi gangguan pelanggan, pendistribusian informasi gangguan ke pihak-pihak terkait sehingga mempercepat waktu penyelesaian masalah, perhitungan waktu MTTR dan lain sebagainya.
T3-Online dapat digunakan setelah mendapatkan username dan password yang diberikan oleh admin T3-Online. Pada T3-Online pengguna dibagi berdasarkan loker, lokasi kerja. Tiap loker mempunyai hak akses masing-masing dan hanya meng-handle layanan-layanan tertentu.
T3-Online dapat dibuka dengan menggunakan browser Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan browser lain, dengan mengetikkan alamat http://t3-online.telkom.co.id pada browser.
- Customer Care Flexi
Sejalan dengan program Pemerintah sesuai PM KOMINFO No.30 Tahun 2014 dan KM KOMINFO No.934 Tahun 2014 tentang Penataan Pita Frekwensi dan Pengalihan Izin Penggunaan Frekwensi 800Mhz. Telkom melakukan program Upgrade Layanan Flexi ke Telkomsel untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan Flexi. Telkom bersama dengan Telkomsel telah menyiapkan produk KartuAs Flexi (Prabayar) dan Kartu Halo Flexi (Pasca Bayar), dengan kelebihan layanan antara lain Roaming International, SMS International, Kualitas sinyal yang lebih baik di hampir seluruh wilayah Indonesia, Coverage layanan yang lebih luas, tidak perlu combo, dengan tarif tetap hemat. Selain itu nomor Flexi pelanggan yang telah di upgrade masih tetap bisa dihubungi dan pelanggan juga mendapatkan insentif sesuai ketentuan. Dengan menggunakan aplikasi CCF nomor Flexi yang lama akan dinon-aktifkan dan diganti dengan nomor Halo Flexi atau nomor As Flexi melalui proses perso kartu sim card.
- IndiHome Fiber
IndiHome merupakan produk keluaran Telkom yang telah menggunakan fiber optik yang telah memiliki kecepatan transfer data yang tinggi mencapai 100 mbps dengan kecepatan yang stabil. Internet Cepat on Fiber merupakan salah satu dari tiga layanan inti Triple Play dari IndiHome Fiber. Selain itu, layanan inti lainnya adalah Telepon Rumah dan Interactive TV dari Usee TV. Telepon rumah adalah layanan komunikasi telepon dengan keunggulan biaya nelpon lebih murah dan kualitas suara yang jernih. UseeTV adalah layanan portal hiburan, informasi dan lifestyle, berupa berbagai macam konten streaming digital maupun aplikasi, seperti video film, video klip musik, karaoke, Live TV, TV on Demand yang dapat diakses melalui berbagai media seperti Laptop, smartphone (handphone), tablet dan layar televisi (coming soon).
BAB 4 Pelaksanaan Geladi
4.1 Rencana Kegiatan
Geladi pada unit Customer Care Telkom WITEL Yogyakarta ini mulai dilaksanakan pada tanggal 3 Juni sampai 10 Juli 2015. Pada sub-unit Plasa Telkom ini merupakan bagian yang menangani secara langsung kepada pelanggan mengenai pasang baru produk-produk Telkom (IndiHome, upgrade Flexi ke Telkomsel, dan POTS), maupun menangani keluhan pelanggan mengenai produk-produk Telkom tersebut.
Rencana kegiatan geladi sebagai berikut:
a. Pembukaan geladi 2015 di aula PT. Telkom WITEL Yogyakarta yang berlokasi di Kotabaru, Yogyakarta, serta pengenalan produk Telkom sekaligus pembagian wilayah geladi
b. Pembagian penempatan geladi di Telkom Kotabaru dan penulis mendapat pembagian tempat di unit Customer Care dan sub-unit Plasa Telkom
c. Melaksanakan geladi sesuai waktu yang telah ditentukan dan melaksanakan perintah dari pembimbing lapangan
d. Pembuatan laporan geladi 2015
4.2 Pelaksanaan
Geladi 2015 di WITEL Telkom Yogyakarta resmi dibuka oleh General Manager WITEL Yogyakarta, Bapak Amanuddin. Dalam pembukaan ini mahasiswa berkumpul di aula Telkom Kotabaru serta mendapatkan pembagian wilayah geladi. Mahasiswa juga diperkenalkan dengan produk Telkom (IndiHome) oleh Ibu Astinah selaku Manager Customer Care WITEL Yogyakarta.
Kegiatan yang dilakukan di unit Customer Care cukup banyak, berikut penjelasan mengenai kegiatan yang dilakukan di Plasa Telkom:
- Plasa Telkom
Plasa Telkom adalah outlet/tempat pelayanan milik Telkom, yang sepenuhnya dikelola oleh Telkom dan atau dikerjasamakan dengan mitra disediakan untuk melayani pelanggan/calon pelanggan/pengguna jasa Telkom yang ingin dilayani secara langsung (face to face) dengan berbagai kemungkinan latar belakang/penyebab, baik mengenai kebutuhan akan segala informasi yang berkaitan dengan produk layanan Telkom maupun untuk pemenuhan kebutuhan produk itu sendiri.
Beberapa kegiatan/pekerjaan di Plasa Telkom antara lain:
– Melayani upgrade Flexi
– Melayani pasang baru dan mutasi produk IndiHome
– Melayani penanganan gangguan
– Melayani klaim
Tahapan upgrade Flexi sebagai berikut:
- Pelanggan menerima sms
- Pelanggan datang ke Plasa Telkom
- Pelanggan melakukan pendaftaran dan mengisi form upgrade Flexi ke Telkomsel
- Pelanggan memilih nomor telkomsel dan insentif serta menandatangani form
- Petugas menerima kartu Flexi dan mengaktifkan nomor Telkomsel serta mengaktifkan call forward
- Petugas memeriksa tagihan/kewajiban pelanggan Flexi Classy dan untuk Flexi Trendy, petugas memindahkan sisa pulsa Flexi Trendy
- Selesai
Langkah pengajuan pasang baru produk IndiHome sebagai berikut:
- Pengajuan pasang baru
- Pengecekan dokumen
- Pengecekan ketersediaan paket & Pengecekan jaringan teknis
- Tanda tangan kontrak & Pembayaran biaya pasang baru
- Pemenuhan solusi jaringan akses
- Instalasi/CPE di lokasi
- Terima
- Selesai
Langkah pengaduan gangguan sebagai berikut:
- Pelanggan lapor
- Pengecekan identitas
- Entry di IT tool T3
- Penanganan
- Perbaikan
Langkah untuk klaim sebagai berikut:
- Pelanggan klaim
- Pengecekan identitas
- Input klaim & Pembayaran deposit
- Analisa klaim
- Keputusan hasil klaim
- Restitusi jika disetujui
- Selesai
Berikut adalah uraian kegiatan selama geladi:
Waktu | Uraian Kegiatan | Keterangan |
Senin, 1 Juni 2015 | Libur | |
Selasa, 2 Juni 2015 | Libur | (tanggal merah) |
Rabu, 3 Juni 2015 | Pembukaan Geladi | Lokasi : Aula WITEL Yogyakarta di Kotabaru |
Kamis, 4 Juni 2015 | Bimbingan Rohani | Lokasi : Masjid WITEL Yogyakarta di Kotabaru |
Penempatan sesuai sub-unit | Unit Customer Care dan sub-unit Plasa Telkom | |
Mengamati kegiatan Plasa Telkom | ||
Jumat, 5 Juni 2015 | SKJ (Senam Kebugaran Jasmani) | Lokasi : Lapangan parkir WITEL Yogyakarta di Kotabaru |
Buka Web, mencari informasi tentang IndiHome | ||
Mempelajari i-Siska | ||
Senin, 8 Juni 2015 | Mengikuti pelatihan cara setting UseeTV | |
Searching internet mengenai IndiHome dan upgrade Flexi ke Telkomsel | ||
Selasa, 9 Juni 2015 | Melakukan pemasangan UseeTV kerumah pelanggan | |
Rabu, 10 Juni 2015 | Melakukan pemasangan UseeTV kerumah pelanggan | |
Kamis, 11 Juni 2015 | Buka Web, mencari informasi tentang IndiHome | |
Jumat, 12 Juni 2015 | SKJ (Senam Kebugaran Jasmani) | Lokasi : Lapangan parkir WITEL Yogyakarta di Kotabaru |
Mencari informasi tentang IndiHome | ||
Senin, 15 Juni 2015 | Buka Web, mencari informasi tentang IndiHome | |
Selasa, 16 Juni 2015 | Buka Web, mencari informasi tentang upgrade Flexi ke Telkomsel | |
Rabu, 17 Juni 2015 | Mengolah data karyawan menggunakan i-Siska | |
Kamis, 18 Juni 2015 | Buka Web, mencari informasi tentang IndiHome | |
Pemberian materi mengenai Customer Care & Customer Service secara umum | Pemberi materi : Pak Arif | |
Jumat, 19 Juni 2015 | Buka Web browser mencari informasi | |
Senin, 22 Juni 2015 | Buka Web browser mencari informasi | |
Selasa, 23 Juni 2015 | Buka Web browser, mencari informasi tentang PT. Telkom | |
Rabu, 24 Juni 2015 | Buka Web browser mencari informasi | |
Buka Web browser, mencari informasi tentang PT. Telkom | ||
Kamis, 25 Juni 2015 | Buka Web browser mencari informasi | |
Membuat laporan geladi | ||
Jumat, 26 Juni 2015 | Buka Web browser, mencari informasi | |
Senin, 29 Juni 2015 | Buka Web Browser, mencari informasi | |
Selasa, 30 Juni 2015 | Membuat laporan geladi | |
Rabu, 1 Juli 2015 | Buka Web browser, mencari informasi | |
Membuat laporan geladi | ||
Kamis, 2 Juli 2015 | Membuat laporan geladi | |
Jumat, 3 Juli 2015 | Buka Web browser, mencari informasi | |
Membuat laporan geladi | ||
Senin, 6 Juli 2015 | Membuat laporan geladi | |
Selasa, 7 Juli 2015 | Membuat laporan geladi | |
Rabu, 8 Juli 2015 | Membuat laporan geladi | |
Kamis, 9 Juli 2015 | ||
Jumat, 10 Juli 2015 | Penutupan gelada |
4.3 Hasil
Hasil yang diperoleh dalam pelaksanaan kegiatan Geladi ini adalah :
- Dapat mengetahui langkah-langkah proses pasang baru produk IndiHome.
- Dapat mengawal proses pemasangan IndiHome, sehingga dapat berjalan dengan baik.
- Dapat mengetahui proses upgrade Flexi ke Telkomsel.
BAB 5 Penutup
5.1 Simpulan
Kesimpulan dari pelaksanaan geladi ini adalah penulis dapat mengetahui pekerjaan di PT. Telkom WITEL Yogyakarta pada unit Customer Care sub unit Plasa Telkom. Penulis mengetahui cara melayani pelanggan dan menangani pemasangan IndiHome serta upgrage Flexi ke Telkomsel.
5.2 Saran
Untuk pelaksanaan geladi selanjutnya diharapkan pemberian tugas pada tiap unit maupun sub unit menggunakan jadwal rolling. Dengan ini diharapkan peserta geladi dapat mengetahui pekerjaan pada tiap unit yang ada di PT. Telkom WITEL Yogyakarta.